Tahun Depan Teknologi-teknologi Canggih ini Akan Hadir Di Smartphone Loh!

Bulan demi bulan telah kita lewati selama satu tahun ini. Dan, dalam waktu dekat kita semua akan meninggalkan banyak cerita di tahun 2016, dan menuju 2017 dengan coretan cerita baru. Cerita yang dimaksud adalah rangkaian teknologi manusia yang menembus cakrawala khayalan kita, melalui sebuah perangkat bernama smartphone.

Smartphone hadir di setiap tahunnya dengan mengemban kemampuan baru, yang sebagian diantaranya tak pernah kita bayangkan, dan berhasil membuat takjub. Tahan Air dan Debu, 4G LTE, Virtual Reality, Face Detection, Edges display, Chip berdiameter 14nm, dan masih banyak lagi teknologi yang tersemat ke dalam smartphone di sepanjang tahun 2016 ini.

Lalu, barisan teknologi apa lagi yang sekiranya akan kamu lihat pada perangkat yang dijual di tahun 2017 mendatang? Berikut kami informasikan kepada kamu.

4K displays
Perbincangan mengenai perangkat yang akan mengemban teknologi 4K display memang hangat dibicarakan sepanjang tahun 2016 ini. Bahkan, Sony melalui Xperia Z5 miliknya diklaim telah mengadopsi teknologi tersebut. Namun, banyak yang menganggap 4K yang ditampilkan oleh ponsel tersebut belum cukup memenuhi hasrat pasar smartphone.

Dengan begitu, teknologi 4K display yang hadir ke layar smartphone diharapkan lebih mumpuni lagi di tahun depan. Mungkin nantinya, kamu akan dibingungkan oleh 2 jenis layar 4K, yakni 4K UHD (yang dikenal melalui perangkat TV Samsung) dan 4K OLED (yang sudah terdapat pada layar TV besutan LG).

Semakin Banyak Perangkat Berlayar Edge
Bezel pada smartphone memang setiap harinya mengalami penyusutan, tidak hanya di segmen premium tapi juga merambah ke segmen entry level. Hal ini memunculkan kecurigaan, jika di tahun depan akan semakin banyak perangkat yang mengusung desain Edge Screen, yang saat ini baru nampak pada S6 Edge, S7 Edge, Note Edge, Note 7, dan Huawei Mate 9 Pro.

Xiaomi pun telah sedikit memulai debutnya dalam menghadirkan ponsel edge, pada Mi 5, walau hanya sekedar visual. Jika benar hal ini terjadi, maka jarak antara perangkat premium dengan jenis lainnya akan semakin menipis, seperti bezel pada smartphone.

Bluetooth 5.0
Perusahaan pencipta jaringan “Gigi Biru”, Bluetooth SIG dalam waktu dekat akan segera meluncurkan versi kelima dari produknya tersebut. Berdasarkan informasi yang kami dapat, dua perangkat yang terhubung dengan Bluetooth 5.0 tidak akan dapat dipisahkan, walau berada pada jarak lebih dari 15 meter ataupun terhalang oleh dinding yang tebal. Versi kelima ini juga diklaim lebih stabil.

Prosesor 10nm Lebih Irit, Tapi Lebih Kencang
Berdasarkan teori, semakin tinggi spesifikasi yang ada pada smartphone, maka konsumsi daya yang dibutuhkannya pun akan melambung. Namun, teori tersebut nampaknya akan dipatahkan oleh prosesor yang menggunakan arsitektur 10nm.

Prosesor yang berukuran lebih kecil tersebut diharapkan mampu menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan smartphone tercepat yang ada saat ini, dengan konsumsi daya yang jauh lebih irit. Dengan begitu, prosesor 14nm yang ada saat ini akan sangat ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan prosesor 10nm.


BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE