Lebih dari 750.000 Website Dijebol Dalam Setahun, Kata Google.

Catatan Andri - Dalam studi terbarunya Google bekerjasama dengan UC Berkeley menyatakan hal yang mengejutkan, bahwa lebih dari 760.935 situs telah dibobol dalam waktu hanya setahun.

Penelitian ini dalam rangka menguji produk Google bernama Safe Browsing Alerts Initiative yang bertujuan untuk secara aktif memberitahu administrator jaringan mengenai potensi pelanggaran keamanan dan URL berbahaya di situs web mereka.

Hasil analisis data yang dikumpulkan pada periode Juli 2014 dan Juni 2015 menggambarkan bahwa
komunikasi dengan webmaster secara berkelanjutan membuat 50 persen masalah yang dilaporkan bisa diatasi.

Selain itu, penelitian ini mengklaim bahwa mengirimkan pemberitahuan ke admin bisa mengurangi durasi infeksi terhadap website dengan setidaknya 62 persen.

Para peneliti juga mengukur kemampuan teknis webmaster untuk berhasil menangani pelanggaran keamanan.

Menurut temuan mereka, 80 persen dari administrator berhasil menyingkirkan konten berbahaya pada upaya pertama mereka, dengan hanya 12 persen jatuh korban serangan baru dalam waktu 30 hari diduga akibat memperbaiki bug.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga dari semua situs web yang ditembus terdeteksi oleh Google berada di Inggris, Cina, Jerman, Jepang dan Rusia yang merupakan lima teratas.
Wordpress merupakan platform web teratas dalam daftar serangan ini. Hal ini tidak mengejutkan, karena WP memang menjadi CMS paling populer di jagad dunia maya.
Saat ini, Google memonitor lebih dari 22.000 sistem otonom atau sekitar 40 persen dari semua jaringan yang aktif.

Studi ini dalam bagian upaya Google menciptakan Web yang aman dengan menarik perhatian webmaster untuk bergabung dalam program Safe Browsing Alerts.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE