Perbedaan OS Android dan Windows Phone


Seiring dengan perkembangan teknologi, mengakses internet untuk mengetahui segala informasi yang dibutuhkan semakin mudah. Dan sistem operasi yang dipakaipun beragam, yang dapat membuat kita bingung untuk memilihnya.  Dan untuk menambah referensi, pada bahasan kali ini, akan dibahas mengenai perbedaan android phone dan windows phone dari berbagai aspek yang menonjol. Berikut perbedaan OS Android dan windows phone dan manakah yang lebih baik antara android dan windows phone.
Seperti kita ketahui Android di buat oleh google sedangkan windows phone dibuat oleh microsoft. Namun kedua OS ini sangatlah berbeda dimana android banyak digunakan oleh vendor smartphone sedangkan windows phone digunakan pada smartphone buatan microsoft saja. Berikut perbedaan OS Android dan Windows Phone yang perlu kamu ketahui.

Tampilan            

Secara tampilan jelas lebih mudah menggunakan windows phone daripada android. Tampilan windows phone yang diproduksi perusahaan besar Microsoft ditata kotak-kotak sehingga mudah dipelajari. Hampir seperti windows pada komputer yang juga mudah digunakan. Sedangkan tampilan android dapat diubah – ubah sesuai selera dengan tema – tema lucu yang tersedia langsungdari perangkat atau dodownoad terlebih dahulu pada Play Store. Sistem android yang terbuka membuat orang dengan mudah mengganti aplikasi dan tampilan apalagi anak muda jaman sekarang banyak yang kreatif dengan menciptakan aplikasi untuk mengubah tampilan android lebih menarik.

Kekuatan Daya

Android terkenal boros baterai karena terlalu banyak aplikasi sedangkan Windows phone kurang banyak aplikasi sehingga cenderung hemat baterai. Inilah kelemahan androi yang hingga kini belum terpecahkan. Bila kita bepergian jauh dan membutuh banyak komunikasi sebaiknya kita menggunakan power bank atau kita gunakan windows phone agar lebih aman.

Aplikasi

Dari segi aplikasi, android lebih unggul dibandingkan windows phone. Aplikasi pada android lebih banyak dan gratis dibandingkan dengan Windows phone karena menggunakan os nya berbasis linux. Sedangkan windows phone menggunakan os marketplace yang kebanyakan aplikasinya berbayar dan sedikit.

Keamanan

Dari segi masalah keamanan windows phone lebih unggul dibandingkan dengan HP android karena hingga detik ini windows phone tidak dapat dimasuki malware. karena Sistemnya yang harus lapor atau beli menjadikan windows phone semakin aman dari gangguan tangan jahil. Sedangkan android yang memang sangat terbuka mudah sekali terkena virus. Banyak pihak tak bertanggungjawab yang merusak ke ponsel Kita. Jadi, sebaiknya hati-hati menggunakan HP  ini ketika konek dengan internet atau mengunduh aplikasi lain.

Pemilik         

Android dimiliki oleh perusahaan besar bernama google. sedangkan windows phone tentu dimiliki perusahaan besar pula yang punya windows, namanya Microsoft. Kedua perusahaan ini sama-sama besar dan terkenal.

Daya            

Windows phone karena kurang banyak aplikasi cenderung hemat baterai. Sedangkan android terkenal boros baterai. Inilah kelemahan androis yang hingga kini belum terpecahkan. Bila bepergian jauh dan butuh banyak komunikasi sebaiknya gunakan windows phone yang lebih aman.

User Interface

Android terdapat widget dan layout yang dapat diatur sesuai keinginan kita, sehingga, user interface android  tidak akan membosankan penggunanya. Tapi, menurut saya, android seharusnya membuat user interface baru agar lepas dari bayang – bayang iOS. sedangkan, Windows phone memiliki UI yang unik serta jauh berbeda dari Android maupun IOS.

Koneksi dan Jelajah

Dari segi koneksi dan jelajah, Windows phone dengan menggunakan system 3G yang hampir sama dengan computer memiliki kecepatan tinggi. Namun, kebanyakan tidak punya bluetooth sehingga kesulitan untuk mengirim foto atau mp3. namun saat ini, untuk windows 8 sudah ada bluetoothnya banhkan saat ini microsoft juga meluncurkan windows 8.1 yang lebih hebat lagi. kemudian, Kecepatan android juga hebat, hanya saja menggunakan biaya banyak untuk jelajah di internet.
Saat awal dirilis,windows phone pernah menjadi idola saat dikeluarkan oleh nokia. namun saat ini sudah tidak memproduksi lagi, karena diganti dengan microsoft lumia. Hal ini dikarenakan persaingan yang sangat ketat  antara android yang dikeluarkan oleh samsung dengan windows phone tersebut. Pilihan akhir terdapat ditangan kita. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyaman saat memakai smartphone tersebut.
Demikianlah informasi mengenai Perbedaan OS Android dan Windows Phone atau perbedaan android dan windows phone buatan microsoft mana yang lebih bagus antara os android dan windows phone, semua akan dibahas diartikel perbedaan Windows phone dan android. Mudah-mudahan informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE