Android (OS) generasi ke generasi


Android yaitu system operasi untuk handphone yang berbasis Linux. Android sediakan basis terbuka untuk beberapa pengembang untuk membuat aplikasi mereka sendiri untuk dipakai oleh berbagai peranti bergerak. Awalannya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang bikin peranti lunak untuk hp. Lalu untuk meningkatkan Android, dibuatlah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, serta telekomunikasi, termasuk juga Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, serta Nvidia. 
Ketika launching perdana Android, 5 November 2007, Android berbarengan Open Handset Alliance menyebutkan mensupport pengembangan standard terbuka pada piranti seluler. Di lain pihak, Google melaunching kode–kode Android dibawah lisensi Apache, suatu lisensi piranti lunak serta standard terbuka piranti seluler. 
Didunia ini ada dua type distributor system operasi Android. Pertama yang didukung penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) serta ke-2 yaitu yang benar–benar bebas distribusinya tanpa ada support segera Google atau di kenal juga sebagai Open Handset Distribution (OHD). 


Sejarah Android 

Hubungan kerja dengan Android Inc. 
Pada Juli 2000, Google bekerja bersama dengan Android Inc., perusahaan yang ada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Beberapa pendiri Android Inc. bekerja pada Google, salah satunya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, serta Chris White. Waktu itu banyak yang berasumsi manfaat Android Inc. hanya juga sebagai piranti lunak pada handphone. Mulai sejak waktu itu nampak isu bahwa Google akan masuk pasar handphone. Di perusahaan Google, tim yang di pimpin Rubin bertugas meningkatkan program piranti seluler yang di dukung oleh kernel Linux. Hal semacam ini tunjukkan tanda-tanda bahwa Google tengah bersiap hadapi persaingan dalam pasar handphone. 
Versus android teranyar yakni versus 3. 0. Android juga telah berhimpun dengan sebagian smart mobile seperti Samsung, Sony Ericsson serta yang lain. 

2007-2008 : Produk awal 
Seputar September 2007 suatu studi melaporkan bahwa Google ajukan hak paten aplikasi handphone (pada akhirnya Google memperkenalkan Nexus One, salah satu type telephone pandai GSM yang memakai Android pada system operasinya. Handphone ini di produksi oleh HTC Corporation serta ada di market pada 5 Januari 2010). 
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang berhimpun dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, di produksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, serta Vodafone Grup Plc. Bersamaan pembentukan Open Handset Alliance, OHA menginformasikan product perdana mereka, Android, piranti bergerak (mobile) yang disebut modifikasi kernel Linux 2. 6. Mulai sejak Android launching sudah dikerjakan beragam pembaruan berbentuk perbaikan bug serta menambahkan feature baru. 
Telephone pertama yang menggunakan system operasi Android yaitu HTC Dream, yang launching pada 22 Oktober 2008. Pada penghujung th. 2009 diprediksikan didunia ini paling sedikit ada 18 type handphone yang memakai Android. 

Android versus 1. 1 
Pada 9 Maret 2009, Google melaunching Android versus 1. 1. Android versus ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian nada), pengiriman pesan dengan Gmail, serta pemberitahuan e-mail. 

Android versus 1. 5 (Cupcake) 
Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali melaunching handphone dengan memakai Android serta SDK (Software Development Kit) dengan versus 1. 5 (Cupcake). Ada banyak pembaruan termasuk menambahkan sebagian feature dalam seluler versus ini yaitu kekuatan merekam serta melihat video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube serta gambar ke Picasa segera dari telephone, support Bluetooth A2DP, kekuatan terhubung dengan cara automatis ke headset Bluetooth, animasi monitor, serta keyboard pada monitor yang bisa sesuai dengan system.

Android versi 1. 6 (Donut) 
Donut (versi 1. 6) launching pada September dengan menghadirkan sistem pencarian yang tambah baik di banding pada awal mulanya, pemakaian baterai indikator serta kontrol applet VPN. Feature yang lain yaitu galeri yang sangat mungkin pemakai untuk pilih photo yang bakal dihapus ; kamera, camcorder serta galeri yang dintegrasikan ; CDMA/EVDO, 802. 1x, VPN, Gestures, serta Text-to-speech engine ; kekuatan dial kontak ; tehnologi text to change speech (tak ada pada seluruhnya hp ; pengadaan resolusi VWGA. 

Android versus 2. 0/2. 1 (Eclair) 
Pada 3 Desember 2009 kembali di luncurkan hp Android dengan versus 2. 0/2. 1 (Eclair), pergantian yang dikerjakan yaitu pengoptimalan hardware, penambahan Google Maps 3. 1. 2, pergantian UI dengan browser baru serta support HTML5, daftar kontak yang baru, support flash untuk kamera 3, 2 MP, digital Zoom, serta Bluetooth 2. 1. 
Untuk bergerak cepat dalam persaingan piranti generasi tersebut, Google lakukan investasi dengan mengadakan pertandingan aplikasi mobile paling baik (killer apps - aplikasi unggulan). Pertandingan ini berhadiah $25, 000 untuk tiap-tiap pengembang aplikasi dipilih. Pertandingan diselenggarakan sepanjang dua step yang setiap tahapnya diambil 50 aplikasi paling baik. 
Dengan makin berkembangnya serta makin menambahnya jumlah handset Android, makin banyak pihak ketiga yang berkeinginan untuk menyalurkan aplikasi mereka pada system operasi Android. Aplikasi populer yang dirubah ke system operasi Android yaitu Shazam, Backgrounds, serta WeatherBug. System operasi Android dalam website Internet juga dikira utama untuk membuat aplikasi Android asli, misalnya oleh MySpace serta Facebook.

Android versi 2. 2 (Froyo : Frozen Yoghurt) 
Pada 20 Mei 2010, Android versus 2. 2 (Froyo) di luncurkan. Perubahan-perubahan biasanya pada versi-versi pada awal mulanya diantaranya support Adobe Flash 10. 1, kecepatan kemampuan serta aplikasi 2 hingga 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang digunakan Google Chrome yang mempercepat kekuatan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kekuatan WiFi Hotspot portabel, serta kekuatan auto up-date dalam aplikasi Android Market.

Android versus 2. 3 (Gingerbread) 
Pada 6 Desember 2010, Android versus 2. 3 (Gingerbread) di luncurkan. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versus ini diantaranya penambahan kekuatan permainan (gaming), penambahan manfaat copy paste, monitor antar muka (User Interface) di desain lagi, support format video VP8 serta WebM, dampak audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, serta bass boost), support kekuatan Near Field Communication (NFC), serta support jumlah kamera yang kian lebih satu.

Android versi 3. 0/3. 1 (Honeycomb) 
Android Honeycomb didesain spesial untuk tablet. Android versus ini mensupport ukuran monitor yang semakin besar. User Interface pada Honeycomb juga tidak sama lantaran telah di desain untuk tablet. Honeycomb juga mensupport multi processor serta akselerasi piranti keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang di buat dengan menggerakkan Honeycomb yaitu Motorola Xoom. Piranti tablet dengan basis Android 3. 0 bakal selekasnya ada di Indonesia. Piranti itu bernama Eee Pad Transformer produksi dari Asus. Gagasan masuk pasar Indonesia pada Mei 2011. 
Android 4. 0 (Ice Krim Sandwich)
yaitu versi Android system operasi mobile yang di kembangkan oleh Google. Meluncurkan pada tanggal 19 Oktober 2011 Android 4. 0 di bangun berdasar pada pergantian penting yang di buat oleh tablet-satunya melaunchingAndroid 3. 0 " Honeycomb " , dalam usaha untuk membuat suatu basis menyatu untuk ke-2 smartphone serta tablet, sesaat menyederhanakan serta modernisasi pengalaman Android keseluruhnya seputar satu set baru dasar antarmuka manusia. Juga sebagai sisi dari usaha ini, Android 4. 0 mengenalkan penampilan visual baru dengan nama kode " Holo ", yang di bangun di seputar bersih, design minimalis, serta standard baru type huruf bernama Roboto. 
Android 4. 0 juga mengenalkan beberapa feature baru yang lain, termasuk juga home screen fresh, komunikasi dekat lapangan (NFC) support serta kekuatan untuk " beam " content ke pemakai lain dengan memakai tehnologi, situs browser diperbaharui, manajer kontak baru dengan integrasi jaringan sosial, kekuatan untuk terhubung pemutaran musik kamera serta kontrol darilayar kunci, visual voicemail support, inginalan muka untuk piranti unlocking (" Face Unlock "), kekuatan untuk memantau serta membatasi hp Data pemakaian, serta perbaikan internal yang lain. 
Android 4. 0 terima review positif oleh kritikus, yang memberikan pujian pada bersih, dirubah tampilan system operasi dibanding dengan versus pada awal mulanya, berbarengan dengan kemampuan serta manfaat yang disempurnakan nya. Tetapi, kritikus masih tetap terasa bahwa sebagian Android 4. 0 ini aplikasi saham masih tetap kurang dalam kwalitas serta fungsionalitas dibanding dengan setara pihak ketiga, serta dikira sebagian feature baru system operasi, terutama " muka unlock " feature, juga sebagai gimmicks. 

Android 4. 1 (Jelly Bean)
Google menginformasikan Android 4. 1 (Jelly Bean) dalam konferensi Google I/O pada tanggal 27 Juni 2012. Berdasar pada kernel Linux 3. 0. 31, Jelly Bean yaitu pembaruan utama yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan manfaat serta kemampuan antarmuka pemakai (UI). Pembaruan ini diwujudkan dalam " Proyek Butter ", perbaikan ini termasuk juga antisipasi sentuh, triple buffering, perpanjangan saat vsync, serta penambahan frame rate sampai 60 fps untuk membuat UI yang lebih halus. Android 4. 1 Jelly Bean launching untuk Android Open Source Project pada tanggal 9 Juli 2012. Piranti pertama yang memakai system operasi ini yaitu tablet Nexus 7, yang launching pada 13 Juli 2012.

Android 4. 4 (KitKat)
Versi ini memakai tehnologi optimasi memori mutakhir. Mengakibatkan, ada pada piranti Android dengan sesedikit 512 MB RAM. Hal semacam ini utama lantaran versus pada awal mulanya dari system operasi dibutuhkan semakin banyak memori internal yang bikin mereka tak cocok dengan adanya banyak jenis piranti yang lebih tua. Ini yaitu pemicu paling utama dari permasalahan yang di kenal juga sebagai Android fragmentasi. 
Android 4. 4 KitKat feature antarmuka pemakai yang lebih bersih, Near Field Communication (NFC) support serta selalu-on tombol aksi monitor sentuh, yang menukar keperluan untuk tombol fisik diketemukan pada banyak piranti Android. KitKat juga tawarkan keamanan yang ditingkatkan ditingkatkan Linux modul, yang menolong menghindar akses tak sah app. 
Google menginformasikan Android 4. 4 KitKat pada September 2013 serta mengawali kiprahnya pada Nexus 5 smartphone bln. selanjutnya. Sepanjang berbulan-bulan saat sebelum launching, pengamat diinginkan OS dimaksud Key Lime Pie, namun Google menamainya juga sebagai sisi dari promosi pemasaran dengan Hershey Company, yang jual permen dimaksud Kit Kat di Amerika Serikat. 

Android 5. 0 5. 1 (Lollipop)
Yaitu versis teranyar dari system operasi mobile Android yang di kembangkan oleh Google, yang meliputi versis pada 5. 0 serta 5. 1. Diresmikan pada 25 Juni 2014 waktu Google I/O, itu jadi ada lewat resmi over-the-air (OTA) up-date pada tanggal 12 November 2014, untuk tentukan piranti yang menggerakkan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti Nexus serta Google Play piranti edition). Kode sumbernya di buat ada pada 3 November 2014. 

Salah satu pergantian yang paling menonjol dalam launching Lollipop yaitu user interface di desain lagi di bangun di seputar bhs design dikatakan sebagai " design materi ". Pergantian lain termasuk juga perbaikan pemberitahuan, yang bisa dibuka dari lockscreen serta dipertunjukkan dalam aplikasi spanduk top-of-the-screen. Google juga mengubah internal untuk basis, dengan Runtime Android (ART) dengan cara resmi menukar Dalvik untuk tingkatkan kemampuan aplikasi, serta dengan pergantian ditujukan untuk tingkatkan serta memaksimalkan pemakaian baterai, yang di kenal dengan cara internal juga sebagai Project Volta. 

Pada Mei 2015, statistik yang dikeluarkan oleh Google tunjukkan bahwa 9, 7% dari seluruhnya piranti Android yang terhubung Google Play menggerakkan Lollipop.  
 Fitur 
Feature yang ada di Android yaitu : 
Kerangka aplikasi : itu sangat mungkin pemakaian serta penghilangan komponen yang ada. 
Dalvik mesin virtual : mesin virtual dimaksimalkan untuk piranti mobile. 
Grafik : grafik di 2D serta grafis 3D berdasar pada pustaka OpenGL. 
SQLite : untuk penyimpanan data. 
Mendukung media : audio, video, serta beragam format gambar (MPEG4, H. 264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF) 
GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, serta WiFi (hardware dependent) 
Kamera, Global Positioning Sistem (GPS), kompas, serta accelerometer (bergantung hardware) 

Android untuk komunitas sumber terbuka (open source) 
Android mempunyai beragam kelebihan juga sebagai software yang menggunakan basis kode computer yang dapat didistribusikan dengan cara terbuka (open source) hingga pemakai dapat bikin aplikasi baru di dalamnya. Android mempunyai aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, serta Google Calendar. 

Beberapa pengagum open source lalu bangun komune yang bangun serta sharing Android berbasis firmware dengan beberapa penyesuaian serta fitur-fitur penambahan, seperti FLAC lossless audio serta kekuatan untuk menaruh download aplikasi pada microSD card. Mereka kerap memperbaharui paket-paket firmware serta memadukan elemen-elemen manfaat Android yang belum resmi di luncurkan dalam satu carrier-sanction firmware.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE