cara-cara menghemat kuota paket data internet pada perangkat Android

Berasa kuota paket data internet kamu cepat habis atau boros banget ? "Padahal baru saja beli paket data internet minggu kemarin kok sudah sisa segini ya ?" Pernah berpikiran seperti ini ? Sama, saya juga terkadang berpikir seperti ini kok. Bahkan mungkin semua pengguna perangkat Android maupun smartphone berbasis OS Mobile yang lain sama kasusnya.

[TIPS] MENGHEMAT KUOTA PAKET DATA INTERNET PADA ANDROID
Ilustrasi Android

Mari kita sama-sama bedah satu persatu, apa kira-kira penyebab kuota internet pada perangkat Android kita cepat sekali habis alias boros dan kita cari solusi-nya bersama-sama yukk guys :

Jangan mengaktifkan data inernet secara terus menerus

Koneksi data internet yang terus-terusan aktif pastinya kuota internet juga cepat habis. Kalau kita sedang mengisi ulang baterai, pastikan matikan dulu koneksi internetnya. Atau jika sedang tidur, matikan saja koneksi internetnya. Tidak usah buru-buru balas semua pesan yang masuk. orang paling sibuk pun pasti membutuhkan tidur, dengan begitu kuota data internet jadi lumayan hemat dari sebelumnya.

Matikan fitur Auto Update atau pembaruan aplikasi otomatis

Fitur auto update yang aktif akan menjadi penyebab utama borosnya penggunaan kuota internet di perangkat smartphone Android. Hal tersebut karena biasanya pengguna akan memasang berbagai aplikasi tambahan di smartphone Android. Aplikasi tambahan inilah yang berpotensi melakukan update otomatis dengan cara mendownload file perbaikan atau penambahan fitur dan sebagainya yang tentu akan memakan kuota internet yang lumayan besar.

Matikan fitur auto sync di setting account smartphone Android

Fitur auto sync akan berjalan terus menerus dan akan memakan kuota internet secara berkala dan hal ini dan membuat kouta data internet jadi lebih cepat habis.

Batasi penggunaan data di background (Restrict Background Data)

Jika kamu benar-benar merasa boros kuota data, salah satu cara menghematnya adalah memberhentikan penggunaan data di background. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Hal ini akan memotong aplikasi yang menggunakan data saat mereka berjalan di background, namun kendalanya adalah notifikasi kamu akan terlambat datang.

Batasi penggunaan mobile data dan aktifkan peringatannya

Kamu pasti tahu fitur data usage warning dan limit system yang built-in di tiap perangkat Android ? Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk memberikan peringatan saat pemakaian data sudah melampaui batas. Untuk menggunakannya bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

Indentifikasikan aplikasi yang menyedot kuota data

Banyak aplikasi yang dibuat memang untuk memudahkan kita koneksi ke internet namun hal itu tentu saja membuatnya memakan banyak data. Untuk mengetahui aplikasi yang banyak menyedot data, kita bisa kunjungi menu Settings > Data Usage, scroll ke bawah dan temukan daftar aplikasi yang memakan banyak data. Solusinya, kita bisa uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang lebih hemat kuota data.

Gunakan browser pihak ketiga yang lebih hemat kuota

Di beberapa browser dari pihak ketiga seperti UC Browser, Opera Mobile, dll. memilki fitur yang dapat mempercepat akses inernet dengan mengurangi data internet yang di gunakan dengan cara aktifkan fitur penghemat data internet di smartphone Android.

Batasi update aplikasi hanya jika terhubung dengan WiFi

Jika kamu menggunakan aplikasi dari Google Play Store, maka perangkat Android kamu akan meng-update secara otomatis aplikasi yang terinstal di situ. Update yang ditawarkan aplikasi terkadang memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Untuk menangani hal ini, kamu bisa aktifkan opsi Wifi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat kamu terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Google Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

Menggunakan jaringan hotspot atau wifi gratis

Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat umum seperti cafe maupun restoran yang menyediakan fasilitas Hotspot area / wifi yang di sediakan secara gratis. Nah, hal tersebut bisa jadi keuntungan bagi kita untuk menghemat penggunaan kuota paket internet yang ada di smartphone Android kita.

Demikian mungkin sedikit penjelasan cara-cara menghemat kuota paket data internet pada perangkat Android. Ada saran yang lebih hemat lagi kuota-nya ? Tulis saja di kolom komentar di bawah ya guys, jangan lupa lho !

Semoga bermanfaat ..

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA
ONE SHARE ONE CARE